Minggu, 04 Desember 2011

Jembatan Tenggarong Mirip Golden Gate


Sejumlah media Barat yang memberitakan runtuhnya Jembatan Tenggarong di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menyebut jembatan itu mirip Golden Gate Bridge di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Jembatan Golden Gate membentang sejauh 2,7 kilometer dengan lebar 27,4 meter dan tinggi 227,4 meter. Konstruksinya dimulai pada 5 Januari 1933, selesai pada 19 April 1937 dan dibuka untuk umum pada 27 Mei 1937 atau 74 tahun lalu.

Idenya, untuk menggantikan layanan kapal ferry yang menghubungkan Semenanjung San Francisco dengan Marin County. Idenya sudah lama beredar, namun seorang insinyur ambisius bernama Joseph Strauss lah yang berniat meralisasikan ide tersebut.

Namun, Strauss tak punya pengetahuan untuk merekonstruksi jembatan suspensi. Desainnya ditolak dan akhirnya dipilih desain dari insinyur Leon Moisseiff. Ia berpengalaman dengan Manhattan Bridge di New York yang desainnya sama.

Arsitek Irving Morrow menyempurnakan desain itu, termasuk bentuk dua menara yang menjulang tinggi dan kini berwarna International Orange itu. Ini merupakan usulan dari warga San Francisco yang ingin jembatan itu berwarna cerah, tidak monoton hitam atau abu-abu.

Kemudian, insinyur Charles Alton Ellis dari Yunani yang mengajar teknik insinyur di University of Illinois, ditunjuk sebagai pimpinan proyek. Sayang, ia kurang dihargai. Strauss memecatnya karena dianggap boros pada November 1931 dan digantikan Clifford Paine yang lebih muda.

Pendanaan jembatan ini, sekitar US$ 30 juta, jumlah yang banyak ketika itu. Seluruhnya dibeli dalam bentuk obligasi oleh pendiri Bank of America cabang San Francisco, Amadeo Giannini, karena ingin untuk membangkitkan perekonomian setempat.

Saat dibangun, kabel yang digunakan untuk jembatan ini merupakan yang terpanjang di dunia, yakni 1.280,2 meter meski kini sudah dikalahkan delapan jembatan lainnya di dunia. Tak hanya jalur kendaraan darat, terdapat pula jalur pejalan kaki dan sepeda di jembatan ini.

Lalu lintasnya dua arah, masing-masing tiga jalur. Untuk melintasinya, dikenakan biaya sekitar US$5-6 yang digunakan untuk perawatan. Dunia kini mengenalnya sebagai salah satu simbol Amerika.

Sumber :
inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar